Inilah Alat Kelamin Hewan Paling Berisik Di Dunia

Headline

Peneliti menemukan serangga air yang penisnya menghasilkan suara sangat nyaring, hingga 99,2 desibel.

Seperti dipublikasikan di jurnal PLoS One, peneliti asal Prancis dan Skotlandia menemukan bahwa Micronecta scholtzi mampu menghasilkan suara 99,2 desibel, setara dengan kerasnya suara pertunjukan orkestra.

M. scholtzi adalah serangga yang hidup di sungai-sungai di benua Eropa. Ukuran tubuhnya hanya 2 mm.

Peneliti merekam suara serangga itu dengan mikrofon khusus bawah air. Hasilnya, mereka menemukan bahwa rata-rata, Micronecta scholtzi menghasilkan suara 78,9 desibel, setara dengan suara kereta yang melintas.

Dari mana suara itu berasal?

Suara itu muncul saat si serangga menggosokkan penisnya pada perutnya sendiri, sebuah aktivitas normal yang dikenal dengan istilah stridulasi. Stirdulasi dilakukan serangga untuk menarik lawan jenisnya.

Hewan lain yang juga melakukan ini adalah ngengat Syntonarcha iriastis. Ia dapat menghasilkan suara ultrasonik dari kelaminnya.

Dr. James Windmill, peneliti dari Universitas Strathclyde, Glasgow, terkaget-kaget akan hasil temuan itu, karena awalnya ia mengira suara itu berasal dari hewan yang ukurannya agak besar.

Ia menjelaskan, hewan ini tidak membuat kita tuli, karena ia hidup di bawah air. Sebanyak 99% suara yang dihasilkannya diredam air dan tidak sampai permukaan, tapi masih terdengar telinga manusia.

“Suaranya keras sekali, orang yang berjalan melewati sungai tentu akan mendengar suara ini,” ujar Dr, Windmill.

Sebenarnya ada hewan lain yang yang menghasilkan suara nyaring, yaitu paus biru yang mancapai 188 dB dan gajah yang suaranya senyaring 117 dB. Tapi suara itu normal mengingat ukuran tubuh kedua hewan itu yang memang besar.

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, Micronecta scholtzi adalah hewan terkecil yang suaranya paling nyaring di dunia.inilah.com

Baca Juga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s