Aneh..Bohlam Ini Tetap Nyala Selama 110 Tahun

Lampu bohlam di kantor pemadam kebakaran di Livermore,California/TelegraphCALIFORNIA – Sebuah bohlam yang dipasangkan di kantor pemadam kebakaran di Livermore, california, telah dinyatakan sebagai bohlam tertua yang tetap “bekerja” oleh Guiness Book of World Records.

Pasalnya, bohlam tersebut sudah berusia 110 tahun pada tahun ini dan masih tetap menyala.

Sebagaimana dilansir Telegraph, Jumat (17/6/2011), bohlam ini adalah hadiah dari seorang pengusaha pada 1901. Sempat tidak digunakan beberapa pekan di tahun 1903 serta selama seminggu di tahun 1937. Bohlam ini juga sempat “beristirahat” beberapa kali di tahun 1976 ketika ada pemadaman listrik massal. Namun hingga tahun 2011 ini lampu empat watt tersebut tetap memancarkan cahaya.

Panjangnya umur bohlam tersebut bahkan masih diteliti oleh para ilmuwan.

Keanehan lampu ini pun diakui Ketua Komite Cahaya Lampu Kota oelh Lynn Owens. Lynn mengakui bahwa peneliti masih bingung akan kehebatan lampu tersebut.

“Tak seorang pun tahu bagaimana hal itu terjadi pada bohlam itu. Mungkin ini adalah bohlam 60 watt yang hanya dihidupkan sekitar empat watt tapi tak seorang pun tahu mengapa lampu itu terus bercahaya,” ujar Lynn.

“Kami sudah mengundang beberapa ilmuwan dari seluruh negeri ini untuk melihat bola lampu tersebut. Namun tentu saja tidak ada yang pernah mampu menyentuh ini, karena panasnya” imbuh Lynn.

Bohlam telah menjadi objek wisata untuk Livermore. Dan bahkan sebuah pusat komedi membuatkan fitur komik untuk merayakan “ulang tahun” bohlam tersebut yang mencapai 110 tahun. okezone.com

Buat Web Toko Online
Mau Jadi Agen Afiliasi di jagoanstore.com? GRATIS 250rb Langsung Jadi Milik anda!

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s