5 Astronot Muslim Pertama

Ternyata, muslim pun pernah melakukan perjalanan ke luar angkasa. Perjalanan ini membuat Agen Luar Angkasa Malaysia menyelenggarakan konferensi dengan mengumpulkan 150 peneliti muslim tentang bagaimana cara beribadah di luar angkasa. Hasilnya, sebuah dokumen diproduksi pada 2007 dengan judul Panduan Melakukan Sholat di Stasiun Angkasa Luar Internasional dan telah disetujui oleh Dewan Fatwa Nasional Malaysia. Lalu, siapakah astronot muslim itu? Inilah daftarnya.

1. Sultan bin Salman bin Abdul-Aziz Al Saud

Sultan bin Salman bin Abdul-Aziz Al Saud merupakan orang arab dan muslim pertama yang terbang ke luar angkasa. Dirinya merupakan mantan pilot Angkatan Udara Arab Saudi yang terbang melalui misi Sekoci Angkasa Luar STS-51-G sebagai penumpang spesial pada 17 Juni 1985. Sultan bin Salman sendiri merupakan cucu dari raja Ibn Saud dan merupakan satu-satunya warga Arab Saudi yang terbang ke angkasa luar. Dia juga merupakan Ketua Komisi Pariwisata dan Barang Antik Saudi.

Sultan bin Salman bin Abdul-Aziz Al Saud (Sumber: astronaut.ru)

2. Muhammed Faris

Pria kelahiran 26 Mei 1951 ini merupakan penerbang militer Syiria. Dia merupakan warga negara Syiria pertama dan orang arab kedua yang pergi mengunjungi luar angkasa pada 22 Juli 1987. Perwira kelahiran Aleppo, Syiria, ini merupakan pilot Angkatan Udara Syiria berpangkat Kolonel. Dia terbang sebagai astronot peneliti Uni Soviet menggunakan Soyuz TM-3 menuju stasiun luar angkasa Mir dan menghabiskan 7 hari, 24 jam, dan 5 menit di luar angkasa. Dia kembali ke bumi menggunakan Soyuz TM-2. Muhammed Faris dianugerahi julukan Pahlawan Persatuan Soviet pada 30 Juli 1987. Dia juga menerima penghargaan Perintah Lenin.

Muhammad Faris / kiri (Sumber: metaexistence.org)

3. Musa Manarov

Pria kelahiran Baku, Azerbaijan SSR pada 22 Maret 1951 ini bernama lengkap Musa Khiramanovich Manarov dan berada dalam urutan ketiga astronot muslim yang pernah berkunjung ke luar angkasa. Dia merupakan kolonel Angkatan Udara Uni Soviet yang lulus dari Institut Penerbangan Moskow dengan gelar teknisi diploma pada 1974. Musa sendiri terpilih sebagai astronot Uni Soviet pada 1 Desember 1978. Pada 21 Desember 1987 hingga 21 Desember 1988, dia terbang menggunakan Soyuz TM-4 menuju luar angkasa sebagai teknisi penerbangan. Pada kali pertamanya berkunjung ke luar bumi, dia menghabiskan waktu 365 hari, 22 jam, dan 38 menit. Kemudian, menggunakan Soyuz TM-11, Musa melakukan penerbangan keduanya ke luar angkasa dan menghabiskan waktu selama 175 hari, 1 jam, 50 menit di luar angkasa. Hal ini dilakukannya pada 2 Desember 1990 hingga 26 Mei 1991. Dengan mengumpulkan waktu 541 hari di luar angkasa, Musa menjadi astronot dengan waktu terpanjang di luar angkasa pada saat itu.

Musa Manarov (Sumber: leuband.de)

4. Abdul Ahad Mohmand

Abdul Ahad Momand dilahirkan pada 1 Januari 1959 dan merupakan mantan penerbang Angkatan Udara Afghanistan yang menjadi orang pertama di negaranya yang pergi ke luar angkasa. Dirinya menghabiskan waktu 9 hari di stasiun luar angkasa Mir pada 1988 sebagai Astronot Peneliti Interkosmos Rusia. Abdul sendiri merupakan muslim keempat yang bisa meraih luar angkasa.

Mohmand Abdul (Sumber: wikimedia)

5. Toktar Aubakirov

Urutan kelima muslim pernah ke luar angkasa adalah Toktar Ongarbayuly Aubakirov yang merupakan pensiunan perwira Angkatan Udara Kazakhstani sekaligus mantan astronot Rusia. Pria kelahiran 27 Juli 1946 ini terbang keluar angkasa sebagai komandan penerbangan pada 2 Oktober 1991 menggunakan Soyuz TM-13. Toktar menghabiskan 8 hari di luar angkasa. Dia juga merupakan warga negara Uni Soviet pertama yang pergi ke luar angkasa tanpa tersertifikasi sepenuhnya sebagai astronot Uni Soviet.

Aubakirov (Sumber: img377.yukle)

uniknya.com

Buat Web Toko Online
Mau Jadi Agen Afiliasi di jagoanstore.com? GRATIS 250rb Langsung Jadi Milik anda!

Baca Juga :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s